Jumat, 12 November 2010

Tak Hanya Memaknai Namun Juga Aksi

Melanjutkan postingan artikel di bawah "Memahami Makna Idul Adha" maka setelah kita paham akan makna Idul Adha maka lantas pemahaman yang telah ada itu dilanjutkan dengan Aksi. Aksi ini banyak, mulai dari melaksanakan Ibadah Haji , berQurban, Puasa Sunah, Sholat Idul Adha.

Berbondong-bondong orang-orang tiap tahunnya untuk menjalankan Ibadah haji. Namun ketika kita masih belum berkesempatan untuk menjalankan ibadah haji mungkin karena beberapa faktor maka tidak usah kecewa, karena kita masih bisa melakukan ibadah lain di bulan dzulhijah ini. Ketika kita belum berkesempatan untuk menunaikan Ibadah haji maka kita bisa berQurban. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya, Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan.” (QS. Al Kautsar: 2). Syaikh Abdullah Alu Bassaam mengatakan, “Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan; Yang dimaksud dengan menyembelih hewan adalah menyembelih hewan qurban setelah shalat Ied.” Pendapat ini dinukilkan dari Qatadah, Atha’ dan Ikrimah (Taisirul ‘Allaam, 534 Taudhihul Ahkaam, IV/450. Lihat juga Shahih Fiqih Sunnah II/366).
Selain itu Menyembelih qurban termasuk amal salih yang paling utama. Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450)

Namun ketika kita belum juga bisa berQurban maka ada ibadah yang masih bisa kita lakukan yakni Puasa Arofah, puasa yang di lakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa sunnah ini khusus dilakukan pada bulah Dzulhijjah atau bulan haji. Dan puasa ini dianjurkan bagi mereka yang tidak berangkat ibadah haji. Jadi, mereka melaksanakan di kampung halamannya masing-masing.
Dari Abu Qotadah radhiyallohu ‘anhu, dia berkata, “Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa hari ‘Arofah. Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Menghapuskan dosa-dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang.” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Muslim no. 1162).

Jasi Gak usah khawatir, ketika 1 ibadah belum bisa terlaksana maka masih ada ibadah yang lain yang dapat dikerjakan dalam rangka Bulan Dhulhijah ini. Termasuk ketika kita ingin berQurban namun masih belum bisa berQurban secara penuh, khususnya bagi beberapa mahasiswa yang sangat amat ingin berqurban namun tidak bisa secara penuh maka Forstilling FE UB menerima donasi Qurban yang nantinya akan dikonversikan dalam bentuk hewan Qurban. Berapapun tidak melihat nominal yang penting ikhlas maka bisa disalurkan Lewat Forstilling FE UB yang nantinya akan kita salurkan kepada yang membutuhkan dalam Kegiatan Wisata Qurban. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar